Travel
Berwisata Bahari di Maumere


Berwisata Bahari di Maumere
Dilansir dari wikipedia, Maumere adalah ibu kota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kota ini pernah diguncang tsunami pada 1992 menewaskan lebih dari 900 orang. Tahu tidak ADers, Sri Paus Yohanes Paulus II pernah lho mengunjungi Maumere, tepatnya di tahun 1989, dan merupakaan kota terkecil di dunia yang pernah dikunjungi beliau.

Mungkin ADers perlu merogoh kocek agak dalam jika berkunjung ke Maumere. Namun dijamin deh ADers akan mendapatkan kepuasan yang maksimal. Karena banyak juga turis-turis Eropa yang datang berwisata. Kota Nyiur Melambai ini dengan keindahan pantai dan lautnya yang bersih, berpasir putih, dan kekayaan hayati lautnya tentunya akan mempesona Anda.

1. Pantai Kajuwulu
Lokasinya 24 km arah barat Kota Maumere. Tanjung yang dikelilingi bukit-bukit. Mata ADers akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang penuh dengan pasir putih. Air lautnya yang jernih sangat cocok untuk berenang dan snorkeling.

2. Wairterang
Jaraknya 31 Km arah Timur Maumere jalan menuju Larantuka. Beberapa cottage di sekitar pantai menyediakan fasilitas diving dan snorkeling. Di perairan Wairterang ada sebuah kapal Jepang peninggalan Perang Dunia Ke-2. Ini menjadi situs selam yang diminati. Selain itu, ADers bisa menikmati terumbu karang dan biota laut yang beragam.

3. Pantai Koka
Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang terletak di desa (Mbengu) Wolowiro kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Maumere Flores NTT. Taman Wisata Alam dengan Panorama yang indah serta pasir pantainya yang putih membuat kawasan ini dipadati pengunjung setiap akhir pekan.

Agak sulit menuju area yang dijuluki pantai impian kota Maumere ini, karena jalan masuknya kurang terlihat dan papan penunjuk arahnya pun tidak terlalu jelas. Anda harus menyusuri jalan yang berkelok-kelok menuju arah Ende sekitar satu jam lamanya. Agar tidak tersesat, jangan ragu untuk meminta bantuan penduduk setempat.

Pemandangan hamparan pasir pantai putih bersih dan air laut berwarna biru jernih yang menyejukkan akan menyambut kedatangan Anda. Jika ADers hobi surfing, pantai ini merupakan tempat yang cocok. Dengan terpaan ombak sangat kuat, dan tinggi ombak terkadang bisa mencapai 1,5 meter akan memanjakan Anda.

4. Pulau Kambing dan Pulau Pangabatang
Ini merupakan dua pulau berpasir di depan Teluk Maumere. Panoramanya indah dengan pasir putih serta terumbu karang. Kerap jadi tujuan terbaik bagi para peselam dan pencinta bahari. Setiap hari perahu motor berangkat pergi pulang dari pelabuhan Sadang Bui ke Pulau Kambing. Untuk sampai ke sang hanya butuh waktu satu setengah jam. Sementara ke Pulau Pangabatang dapat berangkat dengan perahu motor melalui Nangahure

5. Taman laut Teluk Maumere
Ini salah satu taman laut terindah di dunia dengan berbagai macam biota laut dan terumbuh karang berwama-warni yang menghiasi alam bawah lautnya. Pantai Waiara terletak 11 km arah timur Kota Maumere.

Tidak hanya kaya akan wisata bahari, Maumere juga kaya akan wisata religi. Seperti, gereja tua Sikka, patung Bunda Maria (Mageria, Wisung Fatima Lela, patung Kristus Raja di Kota Uneng, kuburan batu/kampung tua desa Lenan Dearate Kec. Paga, dan ritual watu mahe. 

Jika ADers pecinta sejarah, jangn lupa untuk mampir mengunjungi museum Blikon Blewut. Letaknya berada dalam komplek area Sekolah Tinggi Filsafat Khatolik (STFK) Ledalero. Dari Kota Maumere berjarak 6 Km menuju selatan Kabupaten Sikka atau berada dalam lintasan jalan raya menuju ke Kabupaten Ende. Secara Administrasi, Museum Blikon Blewut terletak dalam Wilayah Pemerintahan Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka.

Tidak hanya wisatawan saja yang datang ke museum ini, namun juga para peneliti, ilmuwan, dan mahasiswa dari berbagai negara di dunia dan tentu saja sejumlah daerah di Indonesia.

Museum Blikon Blewut adalah museum terbesar dan terlengkap di Propinsi NTT (Nusa Tenggara Timur) yang menghimpun berbagai fosil dan artefak dari zaman batu, megalitikum, dan artefak kesenian lainnya dari berbagai kultur. Awalnya merupakan kegemaran Pater Verhoeven SVD, yang mulai mengkoleksi pada tahun 1965, kemudian dilanjutkan Pater Piet Petu SVD pada tahun 1980-an.

Tidak akan rugi deh mengunjungi museum ini, karena di dalamnya banyak berbagai macam koleksi menarik dari zaman purba, yang mungkin Anda akan terkagum-kagum melihatnya.

Nah ADers, berminatkah Anda memasukkan Maumere sebagai kota tujuan berlibur selanjutnya?
Rahasia Memperbesar Alat Vital Pria
Dapatkan eBook Panduan Lengkap cara memperbesar alat vital Anda!
Disertai video untuk memudahkan latihan anda!
Termurah & Langsung download! Hanya Rp 50.000!



Login untuk memberi komentar
Related Articles: